idr monopoly

Iron Man Bali Diduga Hoax, Ini Lengan Yang Digerakkan Dengan Otak


Indomonopoly, monopoli online indonesia, monopoli terbaik dunia, indo monopoly, uang asli indonesia

Indomonopoly.com - Beberapa minggu terakhir ini, Iron Man asal Bali menggegerkan penduduk Indonesia, bahkan dunia. Dia dikatakan menciptakan sebuah lengan yang bisa gerakkan oleh otaknya langsung. Entah benar atau tidak hal tersebut, namun ada sebuah teknologi juga di luar negeri yang mengatakan bahwa ada tangan buatan yang dikontrol oleh otak.

Alat ini dikembangkan oleh Johns Hopkins University dan ThalmicLabs, perusahaan robotika di Kanada, mengembangkan tangan palsu yang dikontrol oleh pikiran manusia. Pasien pertamanya adalah Johnny Matheny, yang kehilangan lengannya karena kanker pada tahun 2008 yang lalu.


Pasien bisa menggerakkan setiap jarinya dan mengambil benda-benda kecil hanya dengan pemikiran. Berbeda dengan teknologi yang Dia gunakan sebelumnya, Johnny mengatakan bahwa lengan palsunya ini lebih alami.

"Lengan palsu sebelumnya sangat terbatas. Tangan saya tidak bisa mencapai atas kepada dan belakang punggung. Tetapi sekarang semua bisa dan nyaman digunakan," ujar Johnny.

Pasien terlebih dahulu menjalani operasi otot dan saraf yang nantinya bisa mengendalikan lengan palsu. Para peneliti lalu mengimplan titanium ke dalam sumsum tulang lengan Johny, kemudian di bawa keluar melalui jaringan kulit. Ya, hal ini dilakukan karena lengan atau kaki palsu biasanya membuat penggunanya merasa sakit, lecet, atau terluka.


Ban yang terlihat di lengan aslinya ini akan merekam aktivitas listrik pada otot lengan, sehingga penggunanya bisa memindahkan dan mengambil barang secara alami, serta menggerakkan jarinya. Sinyal yang dihasilkan dari otot akan dikirim kembali secara nirkabel ke komputer, di mana semuanya diproses, lalu dikirim kembali ke prostetik agar sendinya bisa beroperasi.

Teknologi seperti ini juga ada sebelumnya di tahun 2015 lalu, di mana sesorang bisa menggerakkan tangannya yang lumpuh. Tetapi proses tersebut membutuhkan elektroda di otak pasien. Namun tangan palsu Myo ini tidak memerlukannya, dan hanya membutuhkan ban di tangan.



25/01/2016
Penerbit : Winni
Sumber  : Indomonopoly Online Indonesia
Previous
Next Post »

Total Tayangan Laman