idr monopoly

Beijing Klaim Punya Pertahanan Laut Cina Selatan.

www.indomonopoly.com
Seorang pejabat senior China menyebutkan, Beijing memiliki hak pertahanan udara di zona teritori yang mereka klaim atas Laut China Selatan. Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri China, Liu Zhenmin, sehari setelah putusan mahkamah internasional mengatakan tak ada basis legal untuk klaim China.

Stasiun televisi BBC, Rabu (13/7), melaporkan Presiden China Xi Jinping menolak putusan ini. Menurut dia, kedaulatan Beijing di Laut China Selatan tidak bisa diganggu gugat oleh putusan mana pun.

"Kedaulatan teritorial dan hak di Laut China Selatan tidak bisa dipengaruhi oleh keputusan apapun," ucap Jinping.

Kemarin, Mahkamah Arbitrase di Den Haag mengeluarkan putusan yang menentang klaim Beijing atas Laut China Selatan. Putusan ini dikeluarkan setelah Filipina mengadakan masalah klaim China kepada pengadilan internasional tertua dunia tersebut.

Putusan tersebut menyebutkan China telah melakukan tindak 'kekerasan' kepada Filipina dengan mengklaim sebagian wilayah mereka yang berada di Laut China Selatan.

"Klaim Beijing atas Laut China Selatan mengganggu kedaulatan Filipina dan menyebabkan kerusakan batu karang akibat membangun pulau buatan," demikian bunyi putusan tersebut.

China sendiri telah membuat keputusan mengenai wilayah teritorial mereka di Laut China Selatan, dan hal ini termasuk semua penerbangan di wilayah 9 garis putus-putus Beijing atau yang dikenal dengan Nine Dashed Line.

China berharap semua negara bisa bekerja sama demi menjaga stabilitas dan keamanan di Laut China Selatan.

"Mari semua negara bekerja sama dengan kami untuk menjaga keamanan dan stabilitas di Laur China Selatan, dan tidak akan membiarkan perang terjadi di kawasan tersebut," seru Liu.
Previous
Next Post »

Total Tayangan Laman